Sabtu, 11 Agustus 2018

Cara mudah belajar mengemudi tanpa kursus

Belajar mengemudi tidak harus mengikuti kursus mengemudi, sehingga anda dapat belajar sendiri dan yang penting keseriusan anda dalam belajar. Pada akhirnya kepandaian mengemudi anda tidak akan kalah dengan mereka yang mengikuti kursus mengemudi. Tidak ada tips khusus untuk belajar mengemudi. Namun semangat dan ketekunan anda yang dibutuhkan.

Namun alangkah enaknya jika anda sudah mempunyai kendaraan sendiri. Hal ini tentu saja berbeda jika anda menggunakan kendaraan orang lain atau mungkin kendaraan teman anda. Dengan memiliki kendaraan sendiri, maka anda akan lebih tenang dan tentu saja lebih percaya diri. Hal demikian tidak akan anda dapatkan jika belajar mengemudi mobil dengan kendaraan orang lain.



Semakin anda tekun dan memperhatikan petunjuk dengan benar, maka anda akan semakin cepat dapat mengemudi mobil. Untuk itu anda disarankan untuk mengikuti tips tips berikut secara berurutan. Hanya dalam tempo singkat anda akan dapat mengendarai kendaraan anda. Paling lama dua minggu anda sudah dapat menelusuri jalan raya. Pelajari beberapa tahap belajar mengemudi berikut!

Pengenalan kendaraan
Pada tahap ini sebaiknya anda mulai memperhatikan segala sesuatu tentang kendaraan anda. Perhatikan jenis kendaraan anda, apakah menggunakan transmisi manual atau mobil matic. Secara umum perbedaan mobil manual dan mobil matic terletak pada banyaknya pedal didepan kaki sopir. Pada kendaraan manual ditandai dengan : pedal kopling, pedal gas, dan pedal rem. Sedangkan pada mobil matic hanya mempunyai pedal gas dan pedal rem saja. Harga mobil bekas matic lebih murah dari harga mobil manual pada jenis sama.
Harga mobil toyota terbaru
Seorang pengemudi atau sopir harus mengetahui semua tombol atau saklar pada kendaraan. Namun karena anda masih dalam tahap belajar, maka tidak harus menghapalkan semua fungsi saklar kendaraan. Untuk tahap awal anda harus mengetahui beberapa saja, seperti : pedal gas, pedal kopling, dan pedal rem. Dan ditambah dengan saklar untuk sen, rem tangan. Tentang fungsi yang lainnya dapat dilakukan sambil belajar mengemudi. Tahap pengenalan kendaraan cukup beberapa menit saja.

Belajar jalan lurus
Pada tahap kedua ini, anda akan belajar menjalankan kendaraan untuk jalan lurus, baik maju maupun mundur. Pastikan anda memilih jalan paling sepi dan tidak ada kendaraan yang lewat. Jangan gunakan jalan yang sering dipakai oleh anak anak bermain. Tujuan tahap pertama ini adalah untuk pengenalan kendaraan lebih dekat dan belajar menjalankan kendaraan dengan pelan. Sebaiknya kecepatan kendaraan anda tidak lebih dari 20 km/jam.

Disarankan anda ditemani oleh mereka yang sudah dapat mengemudi dan sebaiknya duduk disamping anda, sehingga sedikit banyak dapat memberikan petunjuk. Pada tahap ini anda akan belajar mengenal jalan dan langkah aman jarak kendaraan dengan pinggir jalan. Belajar jalan lurus paling tidak membutuhkan waktu sekitar 2 hari.

Pada tahap belajar di jalan lurus ini anda juga belajar cara pengereman yang baik. Pengereman yang sempurna adalah ketika anda menginjak rem, maka penumpang anda tetap diam ditempat duduknya. Sesuaikan kedalaman injakan rem anda dengan kecepatan kendaraan anda. Saat ini mobil paling nyaman yakni jenis sedan. Harga sedan bekas cukup terjangkau dan salah satunya yakni suzuki baleno.

Pada kendaraan jenis transmisi manual, sesuaikan kopling dengan gas anda. Namun jika anda belajar dengan kendaraan keluaran terbaru, cukup gunakan kopling dan rem saja dan anda tidak perlu menginjak gas. Cara tersebut selain aman juga lebih mudah anda lakukan. Ketika anda mulai mengendorkan injakan kopling, maka kendaraan anda akan mulai maju secara perlahan dan kaki kanan tetap pada posisi siap ngerem.

Belajar jalan berbelok
Berikutnya anda mulai belajar belok kanan maupun belok kiri. Disarankan tetap menggunakan jalan sepi dan usahakan belajar pada siang hari. Hal paling baik adalah belajar di lingkungan tempat tinggal anda. Berusahalah menggunakan kebiasaan yang baik, yaitu ketika akan belok pastikan anda telah menyalakan lampu sen.

Pada tahap belajar di tikungan ini, sebaiknya lakukan dengan sangat hati hati dan waspada ketika mau berbelok. Anda juga belajar mengukur jarak kendaraan anda dengan segala sesuatu yang berada di kanan kiri kendaraan anda. Pada tahap jalan berbelok ini sebaiknya anda belajar lebih lama, yaitu sekitar 4 hingga 5 hari.

Belajar mengemudi di jalan raya
Pastikan anda telah mahir di jalan tikungan yang sepi sebelum menuju jalan raya. tentu saja anda tetap harus memilih jalan raya yang sepi kendaraan, seperti di jalan raya perumahan. Sekarang anda juga mulai belajar menyatukan perasaan anda dengan kendaraan. Pastikan anda telah mempunyai reflek/insting ketika menginjak rem dan menyalakan lampu sen ketika berbelok.

Setelah anda mahir, maka anda dapat mencoba melaju di jalan raya, namun disarankan tetap pada jalan raya yang sepi. Pastikan anda melaju di jalan raya yang tidak pernah macet, karena sangat berbahaya dan kemungkinan anda akan gugup.

Saat belajar mengemudi mobil di tanjakan tidak perlu gugup, hal paling penting adalah usahakan tetap tenang dan focus pada lajur jalan di depan anda. Mengemudi mobil di tanjakan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jalan lurus hanya insting saja yang harus ditingkatkan. Baca juga harga mobil bekas terbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda berkomentar yang baik

Google+ Followers