Rabu, 20 Juli 2016

Pemerintah menjamin harga BBM stabil hingga akhir tahun 2016

Jika tidak ada perubahan yang cukup berarti, maka dapat dipastikan bahwa perubahan harga BBM seperti premium, solar, serta minyak tanah akan tetap sama hingga akhir tahun 2016. Hal ini seperti ditegaskan oleh Dirjen Migas Kementerian ESDM bapak Prof. Dr. Ir. IGN Wiratmaja Puja di jakarta pada 15 juni 2016 kemarin. Berikut berita selengkapnya :

Pemerintah melalui Kementerian ESDM mengungkapkan, harga bahan bakar minyak (BBM) tidak akan naik hingga akhir 2016. Hal ini terjadi asalkan tren harga minyak dunia sesuai dengan prediksi pemerintah.

isi premium


Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja mengatakan, harga minyak dunia saat ini sedang stabil. Tren tersebut sesuai dengan perkiraan pemerintah.

"Kita sudah kalkulasi dengan harga minyak saat ini dan delta positif 3 bulan terakhir bisa dibilang kalau harga minyak dunia stabil seperti sekarang, naik sedikit, trennya sesuai proyeksi. Harga BBM insya Allah enggak akan naik sampai Desember," ujarnya di Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Namun, kata Wirat, satu-satunya yang mungkin membuat pemerintah menaikkan harga BBM yakni lonjakan harga minyak dunia. Apabila menyentuh USD65/barel maka akan ada penyesuaian.

"Kalau terjadi lonjakan tinggi sekali, misalnya harga minyak USD65/barel mungkin kita harus menyesuaikan. Kalau trennya sesuai proyeksi, sesuai poling Reuters itu kan stabilitas harga minyak Brent USD50-USD55/barel. ICP kan USD5/barel di bawah itu," katanya.

Sementara, lanjut dia, pemerintah akan memangkas subsidi solar 6 bulan ke depan dari Rp1000/liter jadi Rp500/liter. Sehingga, juga tidak ada kenaikan ke depannya.

"Subsidi solar ke depan ditetapkan menjadi Rp500/liter tadinya Rp1000/liter‎ dalam 6 bulan ke depan, 6 bulan kedepan subsidi solar akan berkurang 500. Itu untuk solar aja kan yang disubsidi yang solar. Dengan pengurangan subsidi ini tidak ada kenaikan harga solar di masyarakat," pungkasnya.

Baca juga spooring dan balancing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda berkomentar yang baik

Google+ Followers