Sabtu, 11 Agustus 2018

Petunjuk penting saat klaim asuransi mobil

Asuransi mobil merupakan fasilitas yang dapat mengurangi atau mencegah kerugian yang harus anda tanggung saat terjadi bencana (kecelakaan, atau bahkan kehilangan). Fasilitas tersebut dapat dibeli atas keinginan pribadi, ataupun menjadi persyaratan wajib bagi yang melakukan pembelian mobil secara kredit. Berikut petunjuk penting saat anda akan mengajukan klaim asuransi mobil atau motor anda. Pada hakekatnya ada beberapa jenis asuransi mobil yang harus anda ketahui.

asuransi mobil


Ketika mobil Anda telah hilang akibat dicuri atau mengalami kecelakaan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi pihak perusahaan asuransi dalam waktu 3×24 jam. Anda bisa menghubungi melalui telepon, SMS, email atau dengan datang langsung ke kantor perusahaan asuransi. Hal ini harus diprioritaskan untuk menghindari penolakan terhadap “klaim asuransi mobil” yang anda ajukan dengan alasan lewat dari jangka waktu yang sudah ditentukan.

Ketika mengalami kecelakaan dan mobil masih bisa berjalan, sebaiknya mobil tersebut dibawa ke salah satu bengkel yang ditunjuk oleh perusahaan asuransi. Apabila mobil telah mengalami kerusakan berat, sebaiknya mobil tersebut difoto atau didokumentasikan terlebih dulu. Foto ini nantinya akan menjadi bukti bahwa benar-benar telah terjadi kecelakaan.

Sebelum masuk ke bagian prosedur pengajuan klaim, mari admin jelaskan terlebih dahulu pengertian dari kata klaim itu sendiri. Klaim adalah upaya yang dilakukan oleh pemegang polis asuransi untuk meminta ganti rugi kepada pihak perusahaan asuransi yang dipilihnya, terhadap sebuah resiko yang terjadi sebagai akibat dari peristiwa yang tidak terduga seperti kecelakaan atau kehilangan akibat pencurian terhadap mobil yang diasuransikan.

Perusahaan asuransi kendaraan di indonesia cukup banyak. Anda dapat cek daftar perusahaan jasa asuransi mobil dan motor di indonesia. Khusus kendaraan roda dua anda dapat memilih asuransi sepeda motor terbaik saat ini.

Untuk itu, selain mengetahui manfaat apa yang akan didapatkan dari asuransi, pahami juga prosedur cara klaim asuransi mobil setelah mengalami kecelakaan yang harus dilakukan untuk mendapatkannya. Berikut ini adalah prosedur persyaratan klaim asuransi :

  • Jika terjadi musibah yang menimpa mobil Anda, laporkanlah kejadian tersebut kepada perusahaan asuransi sesegera mungkin.
  • Persiapkan lampiran kronologi kejadian yang Anda alami dengan singkat namun jelas.
  • Buatlah laporan kehilangan di kantor polisi terdekat jika mobil Anda hilang.
  • Lengkapi dokumen pendukung seperti data polis, STNK, identitas pengemudi lain yang terlibat insiden, dan sebagainya saat mengajukan klaim.
  • Untuk pengajuan klaim di luar kota, dokumentasikan terlebih dahulu nomor telepon penting, lokasi kantor perwakilan dan daftar bengkel rekanan.
  • Survey klaim dapat dilakukan dengan memperlihatkan kondisi mobil di kantor cabang, bengkel rekanan, atau sebaliknya survyor dapat menghampiri rumah atau kantor Anda. Bersikaplah pro aktif saat proses survey berlangsung.
  • Pastikan bahwa pihak asuransi mengeluarkan SPK (Surat Perintah Kerja) untuk melakukan perbaikan di bengkel.
  • Disarankan untuk melakukan perbaikan di bengkel rekanan. Karena selain kerjasama secara administrasi dengan perusahaan asuransi terjalin dengan baik, standard kualitas kerja, waktu pengerjaan dan jumlah biaya perbaikan pun sudah baku.
  • Jangan sungkan untuk terus memantau dan menanyakan perkembangan proses perbaikan kendaraan pada pihak asuransi dan bengkel.

Itulah prosedur pengajuan klaim asuransi mobil yang bisa anda jadikan pedoman apabila anda mengalami salah satu resiko kerugian pada kendaraan kesayangan Anda. Jangan lupa baca juga informasi mengenai cara perhitungan simulasi kredit mobil untuk pembelian mobil baru maupun bekas, silahkan pelajari cara memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan anda, terima kasih semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda berkomentar yang baik

Google+ Followers