Sabtu, 11 Agustus 2018

Ilmu membeli motor bekas paling aman

Ilmu membeli motor bekas paling aman. Tidak mudah membeli motor bekas pakai atau motor second, sebab jika salah memilih bukan saja akan mendapatkan harga mahal tapi justru butuh perbaikan di sana sini karena seperti kita semua tahu bahwa motor bekas sedikit banyak pasti memerlukan perbaikan. Dengan demikian paling tidak anda mempunyai bekal pengetahuan tentang cara menawar motor bekas dan juga mengerti tentang seluk beluk motor. Sehingga dapat memperkirakan berapa besar biaya dandan motor jika sudah anda beli.

Namun demikian tidak semua motor bekas jelek lho. Masih cukup banyak motor motor bekas yang di jual murah masih memiliki performa mesin lumayan bagus dan masih original semua. Tentunya hal itu tergantung dari siapa pemilik sebelumnya. Rata rata motor yang dimiliki oleh orang tua atau wanita masih mempunyai performa dan tampilan standar karena mereka tidak neko neko. Tapi jika si empunya anak muda, waduh banyakan di otak atik dan dimodif, mending kalau bagus justru malah acak acakan.



Untuk itu ada baiknya teliti sebelum membeli supaya tidak menyesal kemudian yang tidak ada gunanya karena sudah terlanjur di beli. Dengan membaca blog ini mudah mudahan tambah pengetahuan dan ilmu mencari dan membeli motor bekas / seken.

Tips singkat cara membeli motor bekas Ada beberapa petunjuk sehingga anda mendapatkan motor bekas murah dan dengan performa mesin standar serta original :
  • Siapkan budget ( dana ) sesuai dengan sepeda motor bekas yang anda inginkan.
  • Pilih tempat penjualan motor bekas ( pedagang, tempat lelang, rumah rumah warga ).
  • Jika anda memilih membeli langsung dari pemakai, maka perhatikan surat suratnya dan pastikan keasliannya ( dapat melakukan cek fisik di SAMSAT jika meragukan, jika harga sudah clear namun jangan dilunasi sebelum mendapatkan kepastian surat surat asli ).
  • Pastikan anda melihat langsung motor yang akan anda beli dan jangan percaya apapun keterangan sang penjual sebelum anda mencobanya sendiri.
  • Cobalah untuk menghidupkan motor dengan stater elektrik ( pedal engkol ) dengan sekali star hidup. Hidupkan motor dengan langsam ( jangan di geber ). Pastikan motor hidup stabil saat stasioner.
  • Mintalah ijin untuk test drive, perhatikan keseimbangan stang stirnya dan lainnya.
  • Amati dengan teliti tampilan motor ( cat, peleg, kembang ban, rantai, accu, dan lainnya ).
  • Raba dan amati bagian bawah mesin, apakah ada rembesan olie.
  • Sekarang anda sudah mengerti dan mengamati sendiri seluruh keadaan motor yang akan anda beli dan mulailah melakukan penawaran.
Bagaimana cara penawaran motor bekas yang benar. Sebelum anda melakukan penawaran harga motor bekas, maka pastikan dahulu berapa harga pasaran motor tersebut. Sebelumnya anda sudah mengamati dengan teliti baik itu mesin maupun tampilan motor incaran anda. Maka harga penawaran anda seharusnya :
Harga motor bekas = harga pasaran - harga perbaikan
Dengan harga penawaran yang benar maka anda tidak akan merugi karena harus melakukan perbaikan sebab sudah anda perhitungkan sebelumnya. Demikian tips singkat cara membeli motor bekas yang benar dan tidak merugi karena perbaikan setelah melakukan pembelian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda berkomentar yang baik

Google+ Followers