Selasa, 05 Februari 2019

Tips mengendarai mobil dengan transmisi manual

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah beradaptasi dengan kursi pengemudi. Duduklah di bagian kemudi sambil memegang setir mobil dan cobalah untuk membelokkannya ke kiri dan ke kanan. Selanjutnya, pelajari beberapa teknik dasar seperti cara mematikan dan menghidupkan mesin mobil, menggunakan lampu jarak jauh, dekat, dan lampu sen, memakai wiper, dan sebagainya.

mengendarai mobil dengan transmisi manual


Setelah mengetahui teknik dasar mengemudi, ajaklah saudara atau teman yang sudah lancar mengemudi untuk memandu Anda belajar mengendarai mobil. Sebab biaya kursus mobil lumayan mahal. Pilih lokasi yang sepi dan luas, seperti lapangan sepak bola. Selanjutnya mulailah dengan menyalakan mesin mobil, menginjak kopling, masuk gigi satu, lepas kopling sambil perlahan menekan gas. Jika sudah lancar, cobalah untuk secara perlahan berputar-putar di lapangan tersebut.

Jika sudah mulai lancar mengemudi kini saatnya mencoba untuk mengemudi di area yang lebih sempit, misalnya di komplek perumahan. Tenangkan pikiran dan berkendaralah dengan tetap menjaga kecepatan kemudi Anda. Apabila ingin berbelok, jangan lupa untuk menyalakan lampu sen.

Apabila tips nomor tiga sudah bisa Anda kuasai dengan lancar, maka saatnya untuk Anda mencoba berkendara di jalanan umum. Di jalanan ini tantangannya akan semakin sulit, karena Anda akan bertemu langsung dengan pengendara-pengendara lainnya yang sudah lebih mahir. Masih bingung, yuk baca lebih lengkap !


Mengendarai mobil dengan transmisi manual membutuhkan sedikit latihan, tetapi siapa pun bisa melakukannya jika memiliki tekad yang kuat. Untuk mengendarai mobil dengan transmisi manual, terutama truk atau kendaraan besar lainnya, dibutuhkan pengetahuan dan kelihaian tertentu. Kendaraan besar yang memiliki transmisi manual akan lebih sulit dikendarai dengan mulus karena ukuran mesin lebih besar, transmisi lebih kaku, dan setir lebih berat. Namun, siapa pun dapat belajar mengendarai mobil manual dengan cukup latihan dan praktik.

1. Pindahkan tuas persneling ke posisi netral, yaitu di antara gigi ke tiga dan keempat. Dalam keadaan netral, tuas persneling bisa digerakkan dengan bebas ke kiri dan ke kanan.

2. Tekan kopling sepenuhnya. Meskipun dalam keadaan netral, menekan kopling sebelum menyalakan mesin mobil akan mencegah mobil melompat ke depan jika Anda lupa melakukan langkah 1.

3. Hidupkan mesin mobil.

4. Kemudian, masukkan persneling ke gigi 1.

5. Sedikit demi sedikit lepaskan kopling dan pada saat yang sama injak pedal gas sampai Anda merasa sedikit “tersangkut”. Anda akan mengenali momen ini ketika bagian depan mobil sedikit tersentak dan terjadi sedikit penurunan pada RPM mesin. Lepaskan rem tangan pada tahap ini, tetapi jangan melepas kopling sepenuhnya.

6. eruslah melepas kopling secara perlahan sambil menekan pedal gas sedikit demi sedikit. Pertahankan RPM sedikit di atas nol: Anda bisa melakukannya dengan memperbesar gas sambil melepas kopling secara konsisten dengan kaki kiri.

7. Teruslah memperbesar gas secara perlahan dan lepaskan kopling sedikit demi sedikit sampai kopling bekerja sepenuhnya.

8. Lakukan akselerasi secara normal.

9. Semakin sering anda berlatih maka kepandaian mengemudi anda akan semakin bertambah.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya mengemudi mobil itu mudah dan tidak sesulit yang dibayangkan, kuncinya berani dan tidak teledor. bahkan anda bisa mencoba yang gratis yakni cara belajar mobil manual sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda berkomentar yang baik