Sabtu, 22 Juni 2019

Tips mengemudi mobil matik di tanjakan macet

Bagi pengemudi mobil atau sopir mesti mempunyai segudang pengalaman dalam menapaki jalan apapun, karena suatu ketika bisa saja terjadi pada anda. Salah satunya yang membuat pengemudi pemula miris adalah saat macet ditanjakan. Dengan demikian meskipun anda saat ini belum pernah mengalaminya, tentunya akan lebih baik, namun percayalah suatu ketika anda mesti mendapatkan keadaan tersebut. Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan tips khusus mengatasi kemacetan panjang dijalanan menanjak tajam khusus mobil dengan transmisi matik.

mobil matik di tanjakan macet


Lho mengapa harus mobil matic. hal ini berdasarkan kenyataan bahwa mobil jenis transmisi matic mulai banyak digemari terutama oleh kaum hawa. Untuk yang mobil manual sudah kami bahas sebelumnya, silahkan buka kembali di Tips mengendarai mobil dengan transmisi manual

Meskipun terlihat mudah mengemudi mobil matik, namun sebenarnya ada trik trik khusus supaya mobil anda lebih awet dan tahan lama. Seperti diketahui bahwa mobil jenis transmisi matik ini memiliki gigi transmisi otomatis jika sampai mengalami kerusakan, maka biaya yang mesti anda keluarkan tidak murah, bahkan jauh lebih mahal dari pada mobil manual. Itulah sebabnya jangan sembarangan mengemudi mobil matic jika tidak paham betul.

Tentu hal yang sangat berbeda dengan trasmisi manual, sebab mobil matik cepat rontok apalagi anda sering melalui jalanan macet seperti jakarta dan sekitarnya yang tiap hari cenderung macet secara mengular. Nah untuk hal paling sepele dan sering dilupakan oleh banyak pengemudi mobil matik adalah saat berhenti dilampu merah, karena saking enaknya hanya injak rem saja, padahal hal ini bisa merusak transmisi matik sebab gigi dalam keadaan masuk terus. Untuk itu jika berhenti cukup lama maka geser ke posisi manual dan tarik rem tangan, istirahat sebentar lumayan.

Nah sesuai pada masalah utama yang akan kita bahas kali ini yakni bagaimana cara aman berhenti ditanjakan karena terjadi kemacetan panjang. Sebenarnya cukup mudah dan sepele namun demikian jika tidak anda biasakan dari sekarang maka tidak sampai setahun anda mesti turun mesin untuk perbaikan transmisi mobil matic. Jika hanya berhenti sebentar tentunya tidak banyak masalah yang anda dapatkan, karena praktis hanya injak rem sudah beres. Berikut tips lengkap cara berhenti ditanjakan karena kemacetan panjang :

Perlu diketahui juga bahwa setiap trik stop ditanjakan bisa saja berubah karena jumlah penumpang juga bisa menentukan trik yang anda jalankan. Dengan demikian pengalaman menjadi guru yang sangat baik bagi anda, atau anda bisa belajar tips lengkapnya di sini.

⇛Anggap anda sudah berada ditanjakan dan berhenti cukup lama
⇛Tekan rem dan rubah posisi tuas ke "N"
⇛JIka tanjakan cukup curam maka tambah dengan rem tangan dan posisi tetap pada "N"
⇛Jangan sekali kali anda menggunakan posisi D untuk menahan beban mobil, apalagi injak setengah gas seperti pada mobil manual, untuk mobil matik sama sekali tidak dibenarkan
⇛Anda tidak percaya coba saja dalam waktu singkat akan mencium bau gosong

Pada hakekatnya tidak disarankan sama sekali saat mobil mobil matik berhenti posisi tuas pada "D". Karena seperti diketahui bahwa posisi "D" berarti posisi gigi masuk dan hal demikian sangat berpengaruh pada kampas kopling yang cepat tipis. Anda berhak mendapatkan tips secara lengkap di cara mengemudi mobil matic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda berkomentar yang baik