Senin, 04 Mei 2020

Melakukan rotasi ban mobil ternyata sangat penting, berikut tata caranya!

Melakukan rotasi ban pada mobil ternyata sangat penting. Fungsi utama, yaitu untuk membuat ban tersebut memiliki keausan yang merata, karena jika tidak potensi tidak rata begitu besar. Ketika ingin melakukan rotasi maka perlu diketahui dulu mobil tersebut memiliki sistem gerak roda depan atau belakang. Caranya berbeda-beda, ada yang dari roda bagian belalang pindah ke depan, atau menyilang, ada juga yang dibuat sejajar, tergantung tipe penggerak rodanya.

Melakukan rotasi ban mobil merupakan salah satu cara memperpanjang usia pemakaian ban. Tujuannya, agar tapak ban bisa habis secara merata. Ban itu perlu dirotasi setiap 10.000 km atau jika sering digunakan dengan kecepatan yang cukup tinggi bisa melakukan rotasi setiap 5.000 km]

Cara merotasi paling mudah yaitu menukar ban depan kebelakang dan sebaliknya. Bisa juga disilang, namun harus dipastikan ban memiliki alur tapak yang sama. Sebab ban yang punya satu alur itu tidak bisa disilangkan. Apabila ban depan lebih aus, maka tidak boleh dirotasi karena harus dicari ban yang ketebalannya masih bagus lantaran untuk bagian depan punya tugas penting untuk mengatur arah laju mobil sesuai kendali setir.

Begini Cara Merotasi Ban Mobil yang Benar Agar Tak Aus Sebelah. Tak seperti sepeda motor yang memiliki ukuran ban depan dan belakang berbeda, mobil punya ukuran ban yang  identik.

Hal tersebut tentu memungkinkan bagi si pemilik mobil bila ingin menukar ban antara satu dengan yang lain. Hal itu perlu dilakukan agar ban tersebut awet, atau lebih tepatnya permukaan digunakan secara merata. Baca juga Prosedur perpanjangan STNK kendaraan bermotor

Hal ini dikarenakan jika ban berada di suatu posisi tertentu terlalu lama, maka akan ada sisi permukaan ban yang habis duluan, alias 'gundul' sebelah. Namun tak boleh asal, ternyata ada aturan tertentu untuk menukar ban. Dan tak setiap mobil memiliki cara penukaran yang sama.

Berikut ini aturan penukaran ban yang benar sesuai dengan letak penggerak rodanya, apakah penggerak roda depan atau penggerak roda belakang. Agar ban memiliki tingkat keausan merata alias tidak gundul sebelah, penukaran ban dilakukan dengan langkah-langkah seperti gambar berikut!

rotasi ban mobil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda berkomentar yang baik